Indonesia Siap Tengahi Konflik Korut dan Korsel

Senin, 24 Agustus 2015 - 17:40 WIB
Indonesia Siap Tengahi...
Indonesia Siap Tengahi Konflik Korut dan Korsel
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia, Retno Marsudi, mengatakan bahwa, Pemerintah Indonesia selalu siap untuk menjadi penengah dalam dialog damai antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel).

Namun, tawaran itu tergantung pada kedua Korea, apakah butuh bantuan Indonesia atau tidak. "Sebenarnya posisi itu selalu terbuka untuk Indonesia, untuk memberikan, memfasilitasi, bila memang diminta mereka, dan terus mencermati situasi yang terjadi di Korea," ucap Retno, Senin (24/8/2015).

Retno juga kembali menyerukan kepada kedua Korea untuk menahan diri untuk tidak melakukan tindakan yang tidak perlu. Retno menyebut keduanya harus bisa membangun situasi yang kondusif untuk mempermudah dialog damai.

"Indonesia telah jelas posisinya bahwa kita meminta kepada kedua pihak untuk menahan diri, untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi terciptanya satu komunikasi yang baik antara kedua pihak," imbuh Retno.

Dialog damai duo Korea sampai saat ini masih terus berlangsung, namun belum ada titik temu.Di tengah dialog itu, keduanya juga tetap menyiagakan pasukan di perbatasan, bahkan Korut telah mengerahkan puluhan kapal selamnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)