Ki-moon Peringati Serangan Boko Haram ke Markas PBB

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 18:40 WIB
Ki-moon Peringati Serangan Boko Haram ke Markas PBB
Ki-moon Peringati Serangan Boko Haram ke Markas PBB
A A A
ABUJA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon akan mengunjungi Nigeria untuk memperingati serangan mematikan kelompok teroris itu ke Markas PBB di negara itu. Rencananya, Ki-moon akan meletakkan karangan bunga untuk memperingati aksi teror bom mobil di kantor pusat PBB di Nigeria yang menewaskan 21 orang. Peristiwa itu terjadi pada 26 Agustus 2011 silam.

Kunjungan Ki-moon ke Nigeria ini adalah yang kedua kalinya sejak ia menjabat sebagai Sekjen PBB. Ia terakhir kali mengunjungi Nigeria pada Mei 2011 untuk membahas krisis di Sudan selatan dan Libya dengan pemimpin sebelumnya, Goodluck Jonathan.

Dikutip dari AFP, Sabtu, 22/8/2015), Ban rencananya juga akan bertemu dan melakukan pembicaraan dengan dengan presiden baru Nigeria, Muhammad Buhari. "Pertemuan ini akan membahas pembangunan, perubahan iklim, hak asasi manusia, dan gerakan melawan kekerasan ekstrimisme," ujar juru bicaranya, Eri Kaneko.

Sedangkan pernyataan Kementerian Luar Negeri Nigeria menyatakan, selama dua hari kunjungannya, Sekjen PBB juga akan menghadiri jamuan makan dengan kamar dagang industri Nigeria serta gubernur di negara-negara Afrika barat. Ban rencananya juga akan bertemu dengan kelompok "Bring Back Our Girls", kelompok yang mengkampanyekan penculikan anak oleh kelompok Boko Haram.

Pada minggu depan, tepat 500 hari peristiwa penculikan 200 anak sekolah di desa Chibok, sebuah desa yang berada di timur laut Nigeria. Namun belum ada konfirmasi resmi terkait pertemuan ini.

Setelah melakukan kunjungan ke Nigeria, Ban Ki-moon akan melanjutkan kunjungannya ke Prancis untuk membahas persiapan konferensi perubahan iklim yang akan dilangsungkan pada bulan Desember nanti.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6846 seconds (0.1#10.140)