Milisi Taliban Terlibat Pertempuran dengan Pasukan Afghanistan

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 22:23 WIB
Milisi Taliban Terlibat...
Milisi Taliban Terlibat Pertempuran dengan Pasukan Afghanistan
A A A
KABUL - Pertempuran sengit berkobar di daerah Tagab, Provinsi Badakhshan, Jumat (14/8/2015) pagi, saat ratusan milisi Taliban menyerang pos pemeriksaan keamanan di Distrik Tagab.

"Lebih dari 300 milisi Taliban yang berasal dari Afghanistan dan warga asing melancarkan serangan ke Distrik Tagab dan memicu pertempuran hebat yang masih berlangsung," ucap Wakil Kepala Polisi Provinsi Sakhidad Haidary seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (14/8/2015).

Dalam kesempatan itu, Haidary menyatakan, puluhan anggota Taliban tewas. Namun, ia tidak bisa memberikan angka pasti dan mengatakan jumlah korban dari kedua belah pihak akan dirilis usai baku tembak.

Sementara itu, juru bicara Kepolisian Provinsi Badakhshan, Lal Mohammad Ahmadzai mengkonfirmasi pertempuran yang berlangsung di Distrik Tagab. Ia mengatakan, pertempuran sengit tengah berlangsung dan korban banyak berjatuhan di pihak pasukan anti pemerintah.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Provinsi Badakhshan, Jenderal Baba Jan dan mengatakan pasukan keamanan yang didukung oleh helikopter telah menggempur tempat persembunyian Taliban.

Namun para pengamat percaya, jika Distrik Tagab jatuh ke tangan kelompok Taliban, maka penyusup akan mudah untuk memasukan senjata dari wilayah tetangga.

Milisi Taliban memang kerap melakukan aksinya di Provinsi Badakhshan selama beberapa tahun terakhir. Menurut media lokal, kelompok ini terlibat dalam pembakaran klinik kesehatan di Distrik Tagab. Aksi ini membuat penduduk setempat tidak mendapatkan pelayanan kesehatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9907 seconds (0.1#10.140)