Indonesia Terlibat dalam Pencarian MH370

Kamis, 13 Agustus 2015 - 16:30 WIB
Indonesia Terlibat dalam Pencarian MH370
Indonesia Terlibat dalam Pencarian MH370
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, menyatakan bahwa Indonesia ikut terlibat dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370. Terlebih ada sejumlah WNI yang jadi penumpang pesawat hilang tersebut.

Saaat ini, Malaysia dan Prancis berencana memperluas area pencarian pesawat MH370 di Pulau Reunion dan Madagaskar. Rencana itu muncul setelah ditemukan sejumlah puing yang diduga terkait MH370.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Bantuan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal, mengatakan Indonesia secara tidak langsung akan terlibat dalam pencarian pesawat itu. Selain ada WNI yang ikut hilang dalam tragedi itu, wilayah Indonesia yang tidak terlalu jauh dari Pulau Reunion membuat Indonesia tergerak untuk membantu mencari pesawat MH370.

"Kita secara langsung dan tidak langsung pasti akan terlibat, selain dekat dengan wilayah kita, semua penerbangan itu pasti akan melalui wiayah tersebut, pasti mereka akan butuh fligh clereance, kita pasti akan terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung," kata Iqbal pada Kamis (13/8/2015).

Kemlu, kata Iqbal, langsung menghidupkan kembali kontak dengan keluarga penumpang pesawat MH370 asal Indonesia, setelah ditemukan sejumlah puing yang diduga terkait pesawat MH370. "Kita kembali bangun kontak, kita sudah tanyakan, dan ternyata keluarga sudah mendapatkan dana kompensasi yang cukup besar, dan dengan komitmen bahwa nanti setelah diklaim asuransinya lebih besar, kekurangannya akan ditambahkan," ujarnya.

"Tapi, berapapun jumlahnya tidak akan bisa menggantikan keluarga mereka yang hilang."
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5762 seconds (0.1#10.140)