Vatikan Kagumi Toleransi Beragama di Indonesia

Selasa, 11 Agustus 2015 - 19:10 WIB
Vatikan Kagumi Toleransi Beragama di Indonesia
Vatikan Kagumi Toleransi Beragama di Indonesia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Vatikan mengaku salut dengan toleransi antar agama yang ada di Indonesia. Hal itu terungkap kala terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dengan Menteri Luar Negeri Vatikan, Kardinal Pietro Parolin, di Jakarta pada Selasa (11/8/2015).

“Tadi beliau (Parolin) mengatakan sangat menghormati dan mengutarakan kekagumannya terhadap pluralisme di Indonesia, dimana Indonesia dengan ukuran yang sangat besar, dengan jumlah penduduk yang sangat banyak sampai saat ini mampu mempertahanan pluralisme,” kata Retno dalam sebuah pernyataan.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengatakan, salah satu fokus pembahasan dengan Parolin adalah mengenai dialog antara agama. Alasan Vatikan mengangkat isu tersebut, tidak lain kembali lagi pada faktor toleransi antara agama di Indonesia.

Vatikan bukan satu-satunya negara yang menjadikan Indonesia sebagai mitra dialog antar agama. Sebelumnya, Inggris, saat Perdana Menteri mereka David Cameron berkunjung ke Indonesia juga membawa isu tersebut, dimana Cameron melakukan diskusi dengan beberapa tokoh agama di tanah air.

Selain itu, kerjasama pendidikan juga turut menjadi salah satu topik pembahasan Retno dengan Parolin. Kerjasama pendidikan ini meliputi adanya kerjasama antar Universitas Katolik Indonesia dan Vatikan, termasuk didalamnya rencana untuk mengirimkan pengajar dari Vatikan untuk mengajar di Universitas Indonesia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3704 seconds (0.1#10.140)