Presiden Israel Kritik Sikap Netanyahu

Jum'at, 07 Agustus 2015 - 21:16 WIB
Presiden Israel Kritik Sikap Netanyahu
Presiden Israel Kritik Sikap Netanyahu
A A A
YERUSALEM - Sikap Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, yang menolak perjanjian damai terkait program nuklir Iran menuai kritik dari Presiden Israel, Reuven Rivlin. Sikap Netanyahu dinilai bisa membuat negeri Zionis itu terisolasi dari pergaulan dunia Internasional dan telah membuka "medan perang" dengan Washington.

"Perdana Menteri telah mengobarkan kampanye melawan Amerika Serikat (AS), dimana keduanya merasa benar dan ini menyakiti rakyat Israel," ucap Rivlin, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/8/2015).

Meski mengakui Netanyahu lebih mengenal AS ketimbang dirinya, namun Rivlin menilai sikap sang Perdana Menteri hanya akan merugikan Israel. Ia pun telah mengingatkan hal itu kepada Netanyahu dan mendesak segera memperbaiki hubungannya dengan Obama.

Di mata Rivlin, kedua sosok tersebut memiliki kepribadian yang sama. "Sangat tidak baik bagi keduanya untuk mengganggu satu sama lain dengan mengorbankan hubungan AS dan Israel," tukasnya.

Untuk diketahui, Rivlin memang kerap bertentangan dengan Netanyahu terkait kebijakan mengenai Iran. Ia beberapa kali berkomentar pedas terkait kebijakan Netanyahu dalam menyikapi masalah negeri Mullah itu.

Sebelumnya, Presiden AS Barack Obama mengaku telah terjadi ketegangan antara dirinya dengan Netanyahu. Netanyahu menilai kesepakan mengenai nuklir Iran adalah ancaman terhadap keberlangsungan Israel dan meminta Kongres AS untuk menentang kesepakan itu. Namun, keinginan Netanyahu itu ditentang oleh Obama.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5114 seconds (0.1#10.140)