Istri Korban Bom Bali: Wajah Ali Imron Tak Tunjukkan Simpati

Rabu, 05 Agustus 2015 - 11:14 WIB
Istri Korban Bom Bali:...
Istri Korban Bom Bali: Wajah Ali Imron Tak Tunjukkan Simpati
A A A
JAKARTA - Pelaku Bom Bali 2002, Ali Imron, bertatap muka dengan para teman dan kerabat korban Bom Bali. Ni Luh Erniati, istri korban Bom Bali yang ikut dalam pertemuan itu menyebut wajah Ali Imron tidak menunjukkan simpati pada kerabat korban.

Selain Ni Luh Erniati yang kehilangan suaminya, ada Nyoman Rencini (kehilangan suami) dan Jan Laczynski (kehilangan lima teman) yang bertatap muka dengan Ali Imron di penjara Jakarta. (Baca juga: Pertemuan Emosional Ali Imron dan Kerabat Korban Bom Bali)

Ali Imron yang mengemudikan van berbahan peledak dalam tragedi Bom Bali 12 Oktober 2002 itu mengaku bahwa dia hanya menaati “pemimpin"-nya. Tragedi itu menewaskan 202 orang.

”Saya hanya melaksanakan perintah dari senior saya di Jemaah Islamiyah dan saudara saya Mukhlas,” kata Ali Imron dalam program wawancara SBS Dateline, yang dilansir ABC, Rabu (5/8/2015). Menurutnya, jika dia tidak menjalankan perintah itu, maka dia akan diusir dan dianggap pengkhianat.

Setelah pertemuan tersebut, Ni Luh Erniati, menggambarkan ekspresi Ali Imron. “Saya tahu dia sedang berpikir, ia mendengarkan, tapi wajahnya tidak menunjukkan tanda-tanda simpati,” katanya. ”Saya tidak berpikir saya bisa mengendalikan emosi saya,” lanjut dia.

Kerabat korban Bom Bali lainnya, Kevin Paltridge, kehilangan anaknya, Corey, dalam pemboman itu. Paltridge mengatakan ia secara pribadi tidak berpikir, bahwa bertemu dengan seorang “teroris” yang bertanggung jawab atas serangan itu akan sangat membantu.

”Tapi saya mungkin salah satu yang agresif,” ujarnya. ”Saya mengirim surat untuk menjadi bagian dari regu tembak. Itulah cara marah saya dan mungkin masih,” paparnya.

Sedangkan Jan Laczynski yang kehilangan lima temannya menolak ajakan berjabat tangan dengan Ali Imron dalam pertemuan itu. ”Tidak, tidak, terima kasih, saya tidak akan menjabat tangan seseorang yang menewaskan lima dari teman-teman saya dan 88 warga Australia,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0639 seconds (0.1#10.140)