Kesuksesan Perundingan Nuklir Iran Bisa Diterapkan pada Korut

Rabu, 15 Juli 2015 - 13:05 WIB
Kesuksesan Perundingan...
Kesuksesan Perundingan Nuklir Iran Bisa Diterapkan pada Korut
A A A
BEIJING - Kesuksesan perundingan nuklir antara Iran dengan enam negara kekuatan dunia jadi bukti bahwa perundingan jadi solusi ampuh ketimbang ancaman kekuatan. Kesuksesan perundingan nuklir Iran itu juga bisa jadi acuan untuk menyelesaikan krisis nuklir Korea Utara (Korut).

Insiatif penyelesaian krisis nuklir Korut dengan perundingan itu muncul dalam laporan media China yang dikelola Partai Komunis, People Daily, Rabu (15/7/2015).

Berdasarkan kesepakatan nuklir Iran, sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat, Uni Eropa dan PBB akan dicabut sebagai kompensasi atas kesetujuan Iran untuk mengekang program nuklirnya dalam waktu jangka panjang.

China sendiri merupakan salah satu dari enam negara kekuatan dunia yang ikut membuat kesepakatan nuklir dengan Iran. China selama ini juga mengecam penjatuhan sanksi sepihak oleh AS dan Uni Eropa terhadap Iran.

”Fakta menunjukkan bahwa dialog dan negosiasi adalah satu-satunya jalan yang benar dan efektif untuk menyelesaikan masalah nuklir Iran, dan bahwa beberapa negara yang mengancam untuk menggunakan kekuatan dan sanksi pada Iran secara sepihak tidak diterima,” tulis media China.

”Ini bisa menjadi referensi positif untuk penanganan di wilayah lain, termasuk krisis nuklir di Semenanjung Korea,” lanjut laporan media China itu.

Pembicaraan antara Korea Utara, Korea Selatan, Amerika Serikat, Rusia dan Jepang tentang ambisi nuklir Pyongyang telah terhenti sejak Korea Utara hengkang dari perundingan pada tahun 2009.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9715 seconds (0.1#10.140)