Putin: SCO Akan Cegah Terulangnya Tragedi PD II

Jum'at, 10 Juli 2015 - 21:14 WIB
Putin: SCO Akan Cegah Terulangnya Tragedi PD II
Putin: SCO Akan Cegah Terulangnya Tragedi PD II
A A A
UFA - Presiden Rusia Valdimir Putin menegaskan, Shanghai Cooperation Organization (SCO) akan berusaha sekuat tenaga untuk mencegah terulangnya tragedi yang terjadi pada Perang Dunia II. Salah satu langkahnya adalah dengan mencegah perkembangan Nazisme.

Putin dalam pidatonya saat menutup pertemuan puncak SCO di kota Ufa, Rusia mengatakan, para anggota SCO sudah menandatangi dokumen kerjasama mengenai usaha bersama untuk menghalau perkembangan Nazisme, atau paham Nazi.

"Konfrensi Tingkat Tinggi di Ufa digelar bertepatan dengan peringatan 70 tahun berakhirnya Perang Dunia II," kata Putin dalam pidatonya, seperti dilansir Itar-tass pada Jumat (10/7/2015).

"Kami sangat menghormati jejak-jejak kepahlawanan yang telah ditunjukan oleh rakyat kita dan kami akan melakukan apapun untuk mencegah terulangnya tragedi yang membawa dunia ke jurang kehancuran tersebut," sambung pemimpin Negeri Beruang Merah tersebut.

Di kesempatan yang sama, Putin juga mengumumkan bahwa Rusia akan turut terlibat dalam parade militer besar-besaran yang akan digelar China pada September mendatang. Parade itu merupakan perayaan 70 tahun kemenangan China atas Jepang.

Keterlibatan Rusia dalam parade itu juga merupakan bentuk balasan atas apa yang dilakukan China sebelumnya. China adalah salah satu negara yang terlibat dalam parade di Lapangan Merah, yang menandai kemenangan Rusia, yang dahulu bernama Soviet atas Nazi. Momen ini dikenal dengan perayaan Victory Day.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6920 seconds (0.1#10.140)