Dari Aceh, Kolombia Belajar Cara Selesaikan Konflik

Rabu, 08 Juli 2015 - 17:55 WIB
Dari Aceh, Kolombia Belajar Cara Selesaikan Konflik
Dari Aceh, Kolombia Belajar Cara Selesaikan Konflik
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kolombia ternyata belajar dari pemerintah Indonesia cara menyelesaikan konflik yang terjadi di negaranya. Contoh kasus yang mereka gunakan adalah bagaimana pemerintah Indonesia menyelesaikan konflik yang terjadi di Aceh beberapa tahun lalu.

Walaupun sudah berlangsung cukup lama, Kolombia terus melakukan kontak dengan Indonesia, untuk mengetahui perkembangan terbaru di Aceh, yang akan dibandingkan dengan perkembangan di negara mereka. Pembahasan ini mengenai hal ini kembali diangkat dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Indoensia Retno Marsudi dan Menlu Kolombia Maria Angela Hollguin di Bogota, Kolombia.

"Pemerintah Kolombia telah menyampaikan keinginan untuk mempelajari pengalaman Indonesia dalam penyelesaian konflik Aceh. Hal ini mulai dibahas dalam Pertemuan Komisi Bersama pertama pada tahun 2013 yang kemudian ditindaklanjuti dengan kunjungan delegasi Kolombia ke Aceh pada Agustus 2014," bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, yang diterima Sindonews pada Rabu (8/7/2015).

"Pada pertemuan di Bogota kali ini, diskusi lebih difokuskan pada perkembangan proses perdamaian di Kolombia saat ini dan pengalaman Indonesia dalam menyelesaikan konflik di Aceh," sambungnya.

Selain membahas mengenai perkembangan penyelesaikan konflik di Kolombia, kedua Menlu juga membahas mengenai rencana invetasi, baik pengusaha Indonesiia ke Kolombia ataupun sebaliknya. Sebagai langkah awal, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) akan melakukan kunjungan kunjungan kerja dan terlibat dalam Investment Summit di Kolombia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5662 seconds (0.1#10.140)