Negara-negara Bekas Jajahan Spanyol, Nomor 4 Dijajah 6 Negara

Senin, 25 April 2022 - 21:10 WIB
loading...
Negara-negara Bekas Jajahan Spanyol, Nomor 4 Dijajah 6 Negara
Ilustrasi lukisan saat Spanyol menjajah Meksiko. Foto/spanishcolonizatioinmexico.weebly.com
A A A
MADRID - Pada zaman dahulu kegiatan menjajah sering dilakukan oleh berbagai negara untuk memperluas daerah kekuasannya sekaligus menguasai daerah jajahannya.

Awalnya para penjajah ini memiliki semboyan 3G yang merupakan memperoleh kekayaan (gold), kejayaan (glory) dan menyebarkan agama (gospel).

Negara bangsa penjajah ini salah satunya ialah Spanyol. Spanyol tercatat cukup banyak menjajah negara dari berbagai penjuru dunia. Berikut merupakan negara bekas jajahan Spanyol.

1. Meksiko

Penjajahan Spanyol di Meksiko memiliki sejarah yang sangat panjang. Berawal dari kedatangan Hernan Cortes ke ibukota Aztec. Moctezuma, Kaisar Aztec menyambut baik Cortes dan ada yang percaya bahwa orang Spanyol merupakan Dewa yang kembali dalam legenda Aztec.

Dalam perjalanan waktunya, pihak Spanyol dan Aztec mengalami berbagai konflik yang akhirnya membuat keduanya berperang. Diketahui saat itu Cortes kabur dan kembali lagi membawa 50.000 orang.

Hal itu menyebabkan Kaisar Cuauhtemoc menyerah dan melahirkan penjajahan Spanyol. Tercatat Spanyol menjajah Meksiko selama tiga ratus tahun.

Di Meksiko, orang Spanyol membangun berbagai bangunan instana dan gereja sesuai dengan gaya mereka dan menghancurkan semua bangunan suku-suku asli. Meksiko merdeka dari Spanyol pada tahun 1821.

2. Kolombia

Negara ini merupakan negara bekas jajahan Spanyol. Penjajahan Spanyol dimulai sejak tahun 1525 dengan seorang pria bernama Rodrigo de Bastidas mulai mendirikan permukiman di wilayah Santa Marta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1353 seconds (0.1#10.140)