Lagi, NSA Gelar Operasi Penyadapan di Jerman

Kamis, 02 Juli 2015 - 21:31 WIB
Lagi, NSA Gelar Operasi Penyadapan di Jerman
Lagi, NSA Gelar Operasi Penyadapan di Jerman
A A A
BERLIN - Amerika Serikat (AS) kembali dilaporkan melakukan penyadapan terhadap salah satu mitra mereka di Eropa, yakni Jerman. Kali ini yang menjadi target penyadapan AS adalah beberapa pejabat senior Jerman.

Sebagai respon atas laporan penyadapan tersebut, pemerintah Jerman dikabarkan telah memanggil Duta Besar AS di Berlin, John Emerson. Tidak tanggung-tanggung, bukan Kementerian Luar Negeri yang memanggil, melainkan langsung kantor Kanselir Jerman.

Melansir Reuters, yang mengutip sumber di dalam kantor Kanselir Jerman pada Kamis (2/7/2015), orang yang memanggil Emerson tersebut adalah kepala staf kantor Kanselir Jerman, Peter Altmaier.

"Kepala staf kantor Kanselir telah memanggil Duta Besar AS John Emerson untuk menjelaskan laporan penyadapan yang baru. Pertemuan tersebut rencananya akan berlangsung pada Kamis sore," kata sumber tersebut dalam kondisi anonim.

Dalam laporan terbaru yang muncul, Badan Keamanan Nasional AS, NSA dikabarkan telah menyadap Menteri Keuangan dan Menteri Ekonomi Jerman. Sebelumnya, NSA juga ketahuan telah melakukan penyadapan terhadap Kanselir Jerman Angela Merkel.

Kasus penyadapan sempat membuat hubungan AS dan Jerman panas. Merkel, dalam pernyataannya kala itu mengatakan sangat tidak pantas bagi dua negara yang bersahabat untuk saling menguping.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5494 seconds (0.1#10.140)