Trump Menyetujui Rencana Penarikan 9.500 Pasukan AS dari Jerman

Rabu, 01 Juli 2020 - 14:29 WIB
loading...
Trump Menyetujui Rencana Penarikan 9.500 Pasukan AS dari Jerman
Presiden AS Donald Trump menyetujui rencana penarikan 9.500 pasukan dari Jerman. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyetujui rencana Pentagon untuk menarik 9.500 tentara dari Jerman . Penarikan dilakukan setelah Trump mengatakan negara itu gagal memenuhi kewajiban pengeluarannya sebagai mitra NATO.

"Menteri Pertahanan dan Ketua Kepala Staf Gabungan menjelaskan kepada presiden kemarin tentang rencana untuk memindahkan 9.500 tentara dari Jerman. Proposal yang disetujui tidak hanya memenuhi arahan presiden, itu juga akan meningkatkan pencegahan terhadap Rusia, memperkuat NATO, meyakinkan sekutu, meningkatkan fleksibilitas strategis AS, dan merawat anggota layanan kami dan keluarga mereka," kata Asisten Menteri Pertahanan untuk Urusan Publik Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan.

"Para pemimpin Pentagon berharap untuk memberi pengarahan tentang rencana ini kepada komite pertahanan Kongres dalam beberapa minggu mendatang, diikuti dengan konsultasi dengan sekutu NATO di masa depan," imbuhnya.

"Kami akan memberikan pembaruan tepat waktu kepada personel yang berpotensi terkena dampak, keluarga mereka dan masyarakat saat perencanaan berlangsung," tukasnya seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (1/7/2020).

Awal bulan ini, Trump mengumumkan niatnya untuk memindahkan hampir 10.000 tentara AS dari Jerman, mencatat bahwa negara itu hanya membayar 1,4% dari produk domestik bruto terhadap pertahanan, ketika standar NATO yang tidak mengikat adalah 2% dari PDB.

"Jadi kami melindungi Jerman, dan mereka berandalan. Itu tidak masuk akal. Jadi saya katakan, kami akan menurunkan jumlah menjadi 25.000 tentara," kata Trump. (Baca: Jerman Belum Bayar, Trump Tarik Pasukan AS dari Berlin )

Ia juga mencatat Jerman memperlakukan AS "sangat buruk dalam perdagangan," sebuah referensi yang mungkin untuk penolakan Berlin untuk mengakhiri proyek pipa gas bersama dengan Rusia, proyek Nord Stream 2, yang hampir selesai dan akan mengancam ekspor gas alam AS ke Eropa Barat dan Tengah. (Baca: Trump Teken Sanksi Pipa Gas Rusia-Eropa )

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pasukan akan dipekerjakan kembali untuk "memastikan kami diposisikan dengan tepat" untuk melawan China. Trump juga mencatat bahwa beberapa mungkin dipindahkan ke timur dari pangkalan Jerman mereka ke pangkalan Polandia.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1260 seconds (0.1#10.140)