Rusia-Korut Bahas Keamanan Nuklir

Selasa, 23 Juni 2015 - 19:23 WIB
Rusia-Korut Bahas Keamanan Nuklir
Rusia-Korut Bahas Keamanan Nuklir
A A A
MOSKOW - Pemerintah Rusia dilaporkan terus membahas mengenai keamanan nuklir dengan Korea Utara (Korut). Hal ini ditandai dengan pertemuan antara Ketua Negeri Duma (Majelis Rendah Rusia) Sergey Naryshkin dengan Ketua Mahkamah Rakyat Korut, Choe Thae-bok.

Namun, menurut Wakil Ketua Duma Ivan Melnikov, pembicaraan tersebut tidak membahas mengenai rencana negosiasi nuklir antara Korut dengan kelompok P5+1. Melnikov menyatakan, pembicaraan tersebut berfokus pada pengembangan teknologi nuklir kedua negara.

"Masalah ini tidak membahas mengenai rencana tersebut. Ya, walaupun ada sedikit pembicaraan yang menyinggung masalah itu. Tapi, tidak ada pembicaaan mengenai rincian rencana negosiasi tersebut," kata Melnikov, seperti dilansir Itar-tass pada Selasa (23/6/2015).

Ketika disinggung apakah ada pembahasan kesepakatan antara Rusia dan Korut untuk mencegah aktivitas militer yang berbahaya, Melnikov mengakui memang sempat ada pembicaraan mengenai hal tersebut antara Naryshkin dan Thae-bok.

"Tapi intinya adalah bahwa inisiatif yang diajukan oleh Korut, yang siap untuk menghentikan program nuklirnya, jika Amerika Serikat (AS) mau berhenti melakukan manuver militer provokatif di dekat perbatasan Korut," katanya.

"Namun, sayangnya AS mengabaikan hal tersebut, dan terus menerus melakukan latihan militer provokatif di wilayah perbatasan Korut," imbuhnya.

Korut dan Rusia sendiri sejatinya memang adalah dua sekutu dekat, bersama dengan Iran dan China. Rusia, kerap digunakan Korut untuk menyampaikan "pesan" kepada negara Barat, khususnya AS dalam berbagai hal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9193 seconds (0.1#10.140)
pixels