Ditemui Jong-un, Pilot Tempur Wanita Pertama Korut Menangis

Selasa, 23 Juni 2015 - 17:25 WIB
Ditemui Jong-un, Pilot Tempur Wanita Pertama Korut Menangis
Ditemui Jong-un, Pilot Tempur Wanita Pertama Korut Menangis
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un telah menemui dua pilot wanita pertama pengemudi pesawat jet tempur negara itu. Kedua pilot wanita itu menangis haru ketika Jong-un memberikan karangan bunga.

Kedua pilot wanita itu dipuji dengan sebutan “pahlawan Korea” dan “bunga dari langit”. Kedua pilot tempur wanita pertama Korut itu adalah Jo Kum-hyang dan Rim Sol. Keduanya telah sukses melakukan penerbangan solo yang membuat Kim Jong-un kagum.

“Sukses untuk mereka, atas semangat revolusioner yang mulia, penerimaan ideologis partai dan loyalitas kepada Panglima Tertinggi,” tulis kantor berita KCNA, semalam.

Kim dibuat kagum dua pilot tempur wanita itu ketika menyaksikan mereka latihan lepas landas dan mendarat secara sukses. Namun, tidak jelas kapan diktator muda Kim Jong-un menemui kedua pilot tempur wanita itu.
Media Korut itu juga tidak merinci jenis pesawat tempur Korut. Namun, pesawat tempur yang digunakan para pilot wanita itu untuk manuver diduga pesawat jet tempur MiG-21 era Soviet.

Negara itu diyakini memiliki hampir tiga lusin pesawat jet tempur MiG-21 yang dibeli dari Uni Soviet pada akhir 1980-an. Nasib pesawat-pesawat jet tempur Korut itu terancam, karena kurangnya bahan bakar dan suku cadang. Terlebih, Korut dikenai sanksi oleh PBB.

Kendati demikian, kondisi itu tidak menyurutkan semangat Jo Kum-hyang dan Rim Sol. Menurut KCNA, kedua pilot tempur wanita itu menangis haru dan mengucapkan terima kasih kepada Kim Jong-un.”Yang memberi mereka ‘sayap’ untuk terbang dan keberanian,” tulis media Korut tersebut. “Mereka berjanji untuk terbang di garis depan, untuk menjaga Kim Jong-un.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5462 seconds (0.1#10.140)