Obama Dukung Pergerakan Ikhwanul Muslimin?

Jum'at, 05 Juni 2015 - 21:29 WIB
Obama Dukung Pergerakan Ikhwanul Muslimin?
Obama Dukung Pergerakan Ikhwanul Muslimin?
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama dilaporkan diam-diam ternyata mendukung pergerakan yang dilakukan oleh Ikhwanul Muslimin (IM). Hal ini terbilang mengejutkan, mengingat IM telah dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh pemerintah Mesir.

Dukungan Obama terhadap IM ini terungkap dalam sebuah dokumen rahasia yang dikenal dengan nama Presidential Study Directive-11 (PSD-11). Dalam dokumen itu, seperti dilansir Washington Post pada Jumat (5/6/2015), disebutkan bahwa IM bisa menjadi alternatif untuk melawan ISIS dan al-Qaeda.

Dokumen itu juga berbunyi, jika kelompok yang dibentuk oleh Hasan al Banna pada 1928 dapat memainkan peran penting dalam reformasi di kawasan Timur Tengah, dikarenkana IM dikenal memiliki kaderisasi yang baik dalam aktivitasnya.

Namun, banyak pengamat dan analis yang masih meragukan kedekatan Obama dengan IM. Keraguan tersebut muncul, karena mereka menilai IM merupakan sebuah kelompok yang sama berbahayanya dengan ISIS dan al-Qaeda.

Selain itu, kebenaran mengenai isi dokumen itu juga masih harus dibuktikan lebih lanjut, mengingat PSD-11 adalah dokumen yang sangat rahasia, dan hanya bisa diakses oleh segelintir orang. Gedung Putih sendiri belum angkat bicara mengenai laporan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4027 seconds (0.1#10.140)