Blinken Sebut AS dan Mesir Bekerja untuk Memastikan Palestina-Israel Hidup dengan Aman

Kamis, 27 Mei 2021 - 16:35 WIB
loading...
Blinken Sebut AS dan Mesir Bekerja untuk Memastikan Palestina-Israel Hidup dengan Aman
Blinken mengatakan, AS dan Mesir akan bekerja sama untuk bisa memastikan Israel, dan Palestina hidup dalam keselamatan dan keamanan. Foto/REUTERS
A A A
KAIRO - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) , Antony Blinken melanjutkan tur Timur Tengahnya ke Kairo, Mesir. Blinken melakukan kunjungan ke empat negara Timur Tengah untuk memperkuat gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

Blinken berkunjung ke Kairo, setelah sebelumnya melakukan kunjungan ke Tel Aviv, Israel dan Ramallah, Palestina.

Dalam kunjungan singkatnya, Blinken bertemu dengan Presiden Abdel Fattah el-Sisi, Menteri Luar Negeri Sameh Shoukry dan kepala intelijen Abbas Kamel di istana presiden.

Berbicara pasca pertemuan itu, Blinken mengatakan, AS dan Mesir akan bekerja sama untuk bisa memastikan Israel, dan Palestina hidup dalam keselamatan dan keamanan.

“Dan kami telah memiliki mitra yang nyata dan efektif di Mesir dalam menangani kekerasan, menutupnya, secara relatif cepat. Dan sekarang, bekerja sama secara erat membangun sesuatu yang positif, ”ujarnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (27/5/2021).

Sebelumnya, saat melakukan kunjungan ke Palestina, Blinken menuturkan bahwa ASakan memberikan bantuan baru untuk membantu membangun kembali Jalur Gaza, termasuk USD 5,5 juta dalam bantuan bencana dan hampir USD 33 juta untuk badan bantuan PBB.

Dia juga mengatakan AS bermaksud untuk memastikan bahwa Hamas, yang menguasai Gaza dan terdaftar oleh Washington sebagai organisasi teroris, tidak mendapat manfaat dari bantuan kemanusiaan. Selain itu, dia mengatakan bahwa AS akan membuka kembali Konsulat di Yerusalem.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)