Meski Diprotes, Yasser Arafat Jadi Nama Jalan di Prancis

Jum'at, 05 Juni 2015 - 18:07 WIB
Meski Diprotes, Yasser...
Meski Diprotes, Yasser Arafat Jadi Nama Jalan di Prancis
A A A
PARIS - Nama mendiang pemimpin Palestina, Yasser Arafat, diabadikan sebagai nama jalan di Kota La Seyne-sur-Mer, Prancis. Wali Kota setempat nekat menjadikan Yasser Arafat sebagai nama jalan meski diprotes banyak pihak.

Jalan Yasser Arafat muncul di sebuah jalan baru di sebuah kota yang berlokasi di sebelah barat daya dari Kota La Seyne-sur-Mer. Menurut koran Prancis, Nice Matin, nama jalan Yasser Arafat sudah diresmikan sejak awal pekan ini.

Namun, protes bermunculan terutama dari beberapa anggota parlemen di kota itu. Mereka protes, karena sosok Yasser Arafat dianggap sebagai tokoh kontroversial. Bahkan, ada anggota parlemen di kota itu yang protes dan terang-terangan menyebut Yasser Arafat sebagai sosok “teroris”.

Tapi, Wali Kota Marc Vuillemot tak mau ambil pusing dengan protes itu. Dia pun memberikan contoh, bahwa ada juga tokoh Israel yang dijadikan nama jalan tapi tidak mereka protes.”Ada juga nama jalan Yitzhak Rabin di lingkungan ini,” katanya mengacu pada sosok Perdana Menteri pertama Israel yang tewas dibunuh.

Meski kematian Rabin mengenaskan, namun Vuillemot setuju menjadikan namanya sebagai salah satu jalan di kotanya karena memandang bekas pemimpin Israel itu sebagai tokoh rekonsiliasi. ”Untuk yang terbaik dari pengetahuan saya, dua orang ini (layak) menerima Hadiah NobelPerdamaian bersama-sama,” katanya, mengacu pada sosok Yasser Arafat dan Yitzhak Rabin, sebagaimana dilansir Al Arabiya, Jumat (5/6/2015).

Vuillemot menambahkan bahwa nama mendiang pemimpin Palestina itu dipilih oleh sebuah komite yang terdiri dari warga kota.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)