AS: Kami Sudah Lama Beroperasi di Laut China Selatan

Jum'at, 29 Mei 2015 - 16:52 WIB
AS: Kami Sudah Lama Beroperasi di Laut China Selatan
AS: Kami Sudah Lama Beroperasi di Laut China Selatan
A A A
WASHINGTON - merika Serikat (AS) kembali menyebut langkah yang mereka ambil dengan melakukan patroli di kawasan Laut China Selatan bukanlah sebuah hal yang salah. AS mengaku sudah melakukan patroli tersebut bertahun-tahun, dan sebelumnya tidak pernah mendapatkan keluhan, termasuk dari China.

Menteri Pertahanan AS, Ashton Carter mengatakan, yang membuat semuanya berubah adalah tindakan, yang dalam pandangan ilegal yang dilakukan oleh China. Tindakan yang dimaksud adalah pembangunan pulau buatan di atas wilayah sengketa tersebut.

"Kami sudah terbang di atas Laut Cina Selatan selama bertahun-tahun dan akan terus melakukan itu. Terbang, berlayar, itu bukanlah sebuah fakta baru, yang baru adalah adanya reklamasi. Dan, itu bukanlah fakta yang dibuat AS, tapi oleh China," kata Carter, sepeti dilansir Reuters pada Jumat (29/5/2015).

Dirinya berujar, reklamasi inilah yang membuat status quo di kawasan tersebut berubah drasits. Carter menegaskan, apa yang dilakukan pihaknya dalam beberapa hari terakhir ini semata-mata untuk mempertahankan keamanan dan kemakmuran bagi semua pihak yang ada di kawasan tersebut.

Ketegangan AS dan China di Laut China Selatan bermula ketika Negeri Tirai Bambu tersebut mengusir kapal mata-mata AS yang berpatroli di atas pulau buatan mereka. Situasi semakin menegang, ketika AS menegaskan tidak akan menghentikan aksinya, yang direspon oleh China dengan pengerahan kekuatan militer ke wilayah Laut China Selatan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6177 seconds (0.1#10.140)