Abadi: Rusia Tawarkan Bantuan Militer pada Irak

Sabtu, 23 Mei 2015 - 14:53 WIB
Abadi: Rusia Tawarkan...
Abadi: Rusia Tawarkan Bantuan Militer pada Irak
A A A
MOSKOW - Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi, paska melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, Rusia siap memberikan bantuan militer pada negaranya. Pemberian bantuan militer ini merupakan bentuk dukungan Rusia terhadap Irak dalam memerangi ISIS.

Abadi, dalam pernyataan bersama dengan Putin mengharapkan kunjungannya ke Moskow dapat membawa banyak manfaat dalam bidang pemberantasan terorisme. Dirinya menyebut, terorisme bukan hanya mengancam Irak, tapi hampir seluruh wilayah di kawasan Timur Tengah.

"Kami ingin melihat kunjungan ini memiliki banyak manfaat, khususnya dalam kerjasama untuk memerangi terorisme. Tidak hanya di Irak, tapi di seluruh wilayah," kata Abadi, seperti dilansir Channel News Asia pada Sabtu (23/5/2015).

Sementara itu, Moskow pun membenarkan apa yang diutarakan oleh Abadi. Negeri Beruang Merah itu menyatakan siap memberikan bantuan militer, baik itu berupa pengiriman senjata atau penasihat militer ke Irak untuk membantu negara tersebut melawan ISIS.

Putin sendiri mengatakan, Irak adalah mitra lama Rusia dan sebagai mitra, Rusia akan membantu Irak. "Irak adalah mitra lama dan terpercaya kami di wilayah ini. Meskipun semua kesulitan dalam ekonomi dunia dan kesulitan di daerah, hubungan kami berkembang dengan sangat berhasil," ucap Putin.

Irak saat ini memang tengah berusaha untuk mencari bantuan internasional dalam memerangi ISIS. Tetangga Iran tersebut sedang mencari dukungan untuk bisa merebut kembali kota Ramadi, yang sudah sepekan terakhir ini diduduki oleh kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0782 seconds (0.1#10.140)