Melunak, Iran Izinkan PBB Periksa Kapal Kargo Mereka

Kamis, 21 Mei 2015 - 22:57 WIB
Melunak, Iran Izinkan...
Melunak, Iran Izinkan PBB Periksa Kapal Kargo Mereka
A A A
TEHERAN - Selama ini Iran selalu melarang setiap pihak untuk menyentuh kapal kargo mereka yang membawa bantuan kemanusiaan ke Yaman. Namun, kini sikap Iran mulai sedikit melunak. Negara tersebut akhirnya membiarkan PBB untuk memeriksan muatan mereka.

Teheran mengaku akan mengizinkan PBB menjalankan tugas mereka. Tindakan ini juga untuk memastikan bahwa Iran memang hanya mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Yaman. Kapal kargo Iran itu sendiri akan terlebih dahulu berlabuh di Djibouti, sebelum melanjutkan perjalanan ke Yaman

"Kami telah memutuskan untuk melabuhkan kapal kami di Djibouti, sehingga PBB dapat melakukan pemeriksaan sesuai dengan protokol mereka," kata wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (21/5/2015).

Beberapa pihak, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi, termasuk Yaman sendiri memang sedikit curiga dengan muatan yang dibawa kapal kargo Iran. Kecurigaan ini muncul karena negara-negara tersebut sampai saat ini tetap menganggap Iran adalah pihak yang memberikan dukungan, baik dana ataupun senjata pada Houthi.

Sementara itu, Abdollahian dalam kesempatan yang sama juga mengatakan, Iran akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap dua ke Yaman. Kali ini, Iran tidak akan mengirimkan bantuan dengan menggunakan kapal, tapi dengan menggunakan pesawat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4711 seconds (0.1#10.140)