Ini Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Myanmar

Kamis, 21 Mei 2015 - 21:23 WIB
Ini Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Myanmar
Ini Hasil Pertemuan Menlu Retno dengan Menlu Myanmar
A A A
JAKARTA - Setidaknya terdapat empat poin utama yang dicapai dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi dan Menlu Myanmar, U Wunna Maung Lwin soal pengungsi. Keduanya bertemu pada Kamis (21/5/2015) siang di Nay Pyi Taw, Myanmar.

"Empat hasil utama pertemuan itu, pertama Myanmar sepakat untuk langkah preventif (hulu) untuk cegah irregular migrants. Kedua, Myanmar siap bergabung dalam upaya pemberantasan kejahatan human trafficking bersama negara lain di kawasan," kata Retno melalui pesan singkat kepada Sindonews.

"Ketiga, Myanmar sepakat untuk melakukan consular visitation di Aceh, dan keempat Indonesia siap bekerjasama membangun Rakhine State bersama Myanmar secara inklusif dan tidak diskriminatif," lanjut Retno.

Ketika disinggung apakah ini tanda Myanmar telah bersedia untuk kembali menerima para pengungsi Rohingnya yang ada di Indonesia, Retno mengatakan, untuk saat ini hanya sekedar kunjungan kekonsuleran. "Prosesnya akan bertahap," ucap Retno.

Sementara itu, saat ditanya kapan kira-kira perwakilan Myanmar akan berkunjung ke Indonesia, Retno mengatakan sesegera mungkin. "Saya kira Menlu Myanmar akan segera melakukan komunikasi dengan Kedutaan Besar Myanmar di Jakarta," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)