Nasib Tragis 5 Pengusung Jasad Ayah Kim Jong-un

Jum'at, 15 Mei 2015 - 13:40 WIB
Nasib Tragis 5 Pengusung Jasad Ayah Kim Jong-un
Nasib Tragis 5 Pengusung Jasad Ayah Kim Jong-un
A A A
PYONGYANG - Pada Desember 2011 silam, tujuh pejabat tinggi mengusung jenazah diktator Korea Utara (Korut) Kim Jong-il, ayah pemimpin Korut sekarang, Kim Jong-un. Tapi, setelah itu lima dari tujuh pejabat itu mengalami nasib tragis, salah satunya eksekusi atas perintah Jong-un.

Tujuh pejabat itu dulunya dikenal loyalis ayah Kim Jong-un. Tapi, sejak Jong-un berkuasa satu per satu dari sebagian mereka “dibersihkan”.

Dari tujuh pejabat tinggi pengusung jasad ayah Jong-un itu, kini hanya tersisa dua orang yang bertahan di bawah rezim diktator muda Pyongyang tersebut. Dua pejabat tersisa itu pun dilaporkan tidak bertahan lama, karena turut “dibersihkan” dengan dalih jadi kroni paman Kim Jong-un, Jang Song-thaek yang telah dieksekusi.

Berikut lima pejabat pengusung jasad ayah Kim Jong-un yang bernasib tragis;

1.Jang Song-thaek

Jang Song-thae, 67, adalah paman Kim Jong-un. Jang dieksekusi tahun 2013 atas tuduhan korupsi dan pengkhianatan. Padahal, sebelum dieksekusi, Jang adalah orang nomor dua di rezim Korut.
Jang tewas dieksekusi regu tembak atas perintah Jong-un. Eksekusi itu membuat istri korban (bibi Jong-un), Kim Kyong-hui depresi. Dia dilaporkan telah meninggal. Namun, muncul laporan bahwa Kim Jong-un memerintahkan anak buahnya untuk meracuni bibinya itu.

2. Ri Yong-ho

Ri Yong-ho sebelumnya adalah panglima militer saat Korut dipimpin ayah Kim Jong-un. Namun, Jong-un memecat Ri. Sejak dipecat, nasibnya tidak diketahui, sampai akhirnya muncul laporan Ri telah meninggal.

3. Hyon Yong-chol

Hyon Yong-chol, 66, semula adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Korut. Tapi, bulan April 2015 lalu, dia eksekusi atas tuduhan berakhianat. Masalahnya sepele, yakni Hyon tertidur dalam sebuah acara militer yang dihadiri Kim Jong-un.

Atas perintah diktator muda Kim Jong-un, Hyon dieksekusi. Badan Intelijen Kora Selatan melaporkan Menhan Korut itu dieksekusi dengan senjata anti-pesawat dan disaksikan ratusan pejabat Korut. Namun, laporan lain menyebut dia dieksekusi oleh regu tembak.

4. Choe Ryong Hae

Choe Ryong Hae adalah Direktur Biro Politik Tentara Umum Rakyat Korut. Dia dilaporkan tewas ketika terlibat baku tembak ketika hendak menahan Ri Yong-ho pada 2012. Dengan demikian, kematiannya bukan karena dieksekusi tapi karena terlibat perseteruan dengan petinggi militer Korut.

5.U Dong-chuk

U Dong-chuk adalah Wakil Direktur Pertama Departemen Keamanan Negara. Rupanya dia dipecat paman Kim Jong-un, Jang Song-thaek, kurang dari setahun setelah Kim Jong-un berkuasa.
Pada bulan Maret 2012, kantor berita Korut, KCNA, melaporkan bahwa U Dong-chuk menghilang dan sampai sekarang nasibnya tidak diketahui.

Michael Madden, pendiri blog North Korea Leadership Watch mengatakan kepada MailOnline, yang dilansir semalam (14/5/2015).”Orang-orang itu merupakan ‘window dressing’ bagi Kim Jong-un,” katanya.

”Mereka berada di sana pada pemakaman (ayah Jong-un) sehingga mereka bisa dilihat seperti apa yang mereka lakukan pada ayahnya.”Kelompok orang ini berada di sekitar untuk memastikan elite transisi kekuasaan Korut dihormati,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6291 seconds (0.1#10.140)