Indonesia Bantah Usir Kapal Pengungsi Rohingnya.

Rabu, 13 Mei 2015 - 19:37 WIB
Indonesia Bantah Usir Kapal Pengungsi Rohingnya.
Indonesia Bantah Usir Kapal Pengungsi Rohingnya.
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri membantah telah mengusir atau menolak kapal-kapal pengungsi Rohingnya untuk masuk ke wilayah Indonesia. Menurut Kemlu, para pengungsi tersebut sejatinya tidak menjadikan Indonesia sebagai destinasi mereka.

Beberapa media asing memang sempat memberitakan bahwa pihak TNI AL mengusir kapal-kapal pengungsi Rohingnya yang mencoba masuk ke wilayah Indonesia. Namun

Kemlu yang mendapat informasi dari TNI AL mengatakan, KRI Sutantato, kapal yang berpapasan dengan kapal pengungsi justru memberikan bantuan kepada para pengungsi, yang jumlahnya belum diketahui tersebut.

"Pada dasarnya menurut informasi yang kita terima, KRI Sutanto berinteraksi dengan kapal tersebut dan kapal tersebut mengindikasikan untuk tidak masuk ke Indonesia. Mereka hanya meminta makanan dan air bersih, setelah bantuan itu diberikan mereka berpisah," kata juru bicara Kemlu, Arrmanantha Nassir pada Rabu (13/5/2015).

"Poin yang saya ingin tekankan adalah, insiden itu terjadi di selat Malaka dimana ada prinsip laut damai," sambungnya. Dalam prinsip tersebut, semua kapal memang diberikan hak untuk melintas, walaupun itu sudah masuk ke dalam wilayah laut Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia juga sudah menampung setidaknya 528 pengungsi Rohingnya asal Bangladesh dan Mynanmar, yang terdampar di Aceh utara. Para pengungsi di Aceh, yang yang berpapasan dengan KRI Sutanto, diketahui ingin menuju Malaysia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4335 seconds (0.1#10.140)