Jenderal Israel: Hamas dan Israel Berbagi Peran di Gaza

Selasa, 12 Mei 2015 - 20:17 WIB
Jenderal Israel: Hamas dan Israel Berbagi Peran di Gaza
Jenderal Israel: Hamas dan Israel Berbagi Peran di Gaza
A A A
YARUSALEM - Sebuah pernyataan mengejutkan diutarakan oleh seorang Jenderal di Israel, Mayor Jenderal Sami Turgeman, yang merupakan komandan pasukan Israel di perbatasan Gaza. Ia mengatakan, pihaknya dan Hamas telah berbagi peran di Gaza.

"Israel dan Hamas telah berbagi kepentingan di Gaza, termasuk di saat seperti ini, dimana situasi di Gaza sedang kondisi tenang, makmur dan juga tengah berkembang," kata Turgeman, seperti dilansir Reuters pada Selasa (12/5/2015).

Menurut Turgeman, Hamas adalah satu-satunya penguasa yang sah di Gaza. Hanya di tangan Hamas, lanjut Turgeman, Gaza bisa menjadi wilayah yang aman dan tentram seperti saat ini.

"Tidak ada yang bisa menggantikan Hamas sebagai penguasa yang sah di Gaza. Pasukan khusus Israel (IDF) adalah penggantinya, peraturan kacau, dan mungkin kondisi akan kembali kacau (jika IDF memimpin)," sambungnya.

Pemerintah Israel sendiri belum mau angkat bicara mengenai pernyataan yang dilontarkan oleh salah seorang Jenderal mereka itu. Pernyataan Turgeman bisa terbilang cukup kontroversial, mengingat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu merupakan sosok yang anti terhadap Hamas.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3046 seconds (0.1#10.140)