Lavrov: Ukraina Kunci Perbaikan Hubungan Rusia-UE

Selasa, 07 April 2015 - 17:14 WIB
Lavrov: Ukraina Kunci Perbaikan Hubungan Rusia-UE
Lavrov: Ukraina Kunci Perbaikan Hubungan Rusia-UE
A A A
MOSKOW - Perbaikan hubungan antara Rusia dan Uni Eropa (UE), menurut Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov saat ini tergantung pada pelaksaan perjanjian Minsk, yang secara tidak langsung bergantung pada Ukraina. Karena, menurut Lavrov, perjanjian itu sampai saat ini masih belum dijalanakan oleh Ukraina.

Lavrov menyatakan, UE akan terus menganggap Rusia sebagai dalang di balik gagalnya implementasi perjanjian Minsk tersebut, walaupun yang melakukan pelanggaran adalah Ukraina. Dirinya bahkan menyebut, Ukraina seperti sengaja memblokir perjanjian Minsk, agar hubungan Rusia dan Eropa terus memburuk.

"Perjanjian Minsk sedang diblokir oleh Ukraina. Jadi, Ukraina sekarang memegang kunci untuk normalisasi hubungan antara Rusia dan UE," ucap Lavrov ketika melakukan wawancara dengan kantor berita Rossiya Segodnya seperti dilansir Russia Today pada Selasa (7/4/2015).

Hal ini, lanjut Lavrov terbukti dengan munculnya beberapa kebijakan baru yang diambil Kiev yang tidak sesuai dengan isi perjanjian Minsk. Salah satu kebijakannya adalah, Kiev meminta dukungan pasukan asing, dalam kedok misi perdamaian untuk terus melakukan serangan terhadap separatis.

Menurut Lavrov kebijakan ini diambil Kiev, karena usaha pertama mereka (Kiev) untuk menyakinkan pemimpin Eropa untuk memperpanjang atau menambah sanksi kepada Rusia sudah gagal. Para pemimpin Eropa, dalam pertemuan Dewan Eropa beberapa waktu lalu memang gagal mencapai kata sepakat mengenai saksi untuk Rusia.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4721 seconds (0.1#10.140)