Gunung Padang Sembunyikan Piramida Tertua di Dunia?

Kamis, 02 April 2015 - 11:54 WIB
Gunung Padang Sembunyikan Piramida Tertua di Dunia?
Gunung Padang Sembunyikan Piramida Tertua di Dunia?
A A A
JAKARTA - Sejumlah media asing mulai mengulas situs kuno di Gunung Padang, Jawa Barat. Media-media asing mencoba menganalisa klaim bahwa Gunung Pada menyembunyikan bangunan piramida tertua di dunia.

Klaim itu semula muncul dari pakar geologi, Dr Danny Hilman. Menurutnya, situs kuno di Gunung Padang itu berusia antara 9 ribu hingga 20 ribu tahun. Selain itu di situs tersebut terdapat bukit buatan manusia yang strukturnya mirip bangunan piramida.

Dua media asing yang mengulas misteri situs kuno di Gunung Padang itu adalah media Australia,Sydney Morning Herald dan media Inggris,Daily Mail. Dalam pemberitaan Kamis (2/4/2015), Daily Mail, menulis, piramida tua di Mesir berusia sekitar 5 ribu tahun. Namun, puing-puing bangunan di situs Gunung Padang usianya diperkirakan empat kali lebih tua dari piramida di Mesir.

Jika klaim dan analisa itu benar, maka peradaban kuno di sekitar Gunung Padang sudah maju dan kuat. Situs Megalitik di Gunung Padang sejatinya ditemukan pada tahun 1914 dan diklaim sebagai situs terbesar dari jenisnya yang pernah ada di Indonesia.

Pada tahun 1996, seorang arkeolog pernah menemukan piramida di pantai Atlantik, Brasil selatan yang dibangun sekitar 3 ribu sebelum Masehi (SM). Piramida di Brasil ini juga diklaim lebih tua dari piramida yang ada di Mesir.

Dr Hilman, seorang ahli geologi senior di Pusat Penelitian Geoteknik Indonesia, mengatakan bahwa bukti struktur situs kuno di Gunung Padang terletak di bawah tanah. “Orang-orang berpikir usia prasejarah itu primitif, tapi monumen ini membuktikan bahwaitusalah,” kata Hilman.Ia percaya piramida seperti itu akan menjadi bukti peradaban kunoyangmaju ditanahJawa.

Media Australia, dalam ulasannya menyatakan temuan situs Gunung Padang adalah sesuatu yang luar biasa. “Penggalian telah didukung oleh pemerintah Indonesia, yang baru-baru ini memutuskan bahwa bagian atas Gunung Padang adalah struktur megalitik terbesar di Asia Tenggara,” demikian ulasan Sydney Morning Herald.

Susilo Bambang Yudhoyono, yang menjabat sebagai Presiden Indonesia saat situs Gunung Padang mulai diteliti, pernah mengatakan, bahwa tugas meneliti situs itu merupakan tugas penting dan bersejarah untuk kemanusiaan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4681 seconds (0.1#10.140)