Kelaparan, Ratusan Suku Amazon Serbu Desa di Peru

Kamis, 25 Desember 2014 - 13:15 WIB
Kelaparan, Ratusan Suku Amazon Serbu Desa di Peru
Kelaparan, Ratusan Suku Amazon Serbu Desa di Peru
A A A
MONTE SALVADO - Sekitar 200 anggota suku terasing di hutan Amazon menyerbu sebuah desa di Peru. Musababnya, ratusan anggota suku itu kelaparan dan kesulitan mencari makan.

Mereka adalah anggota suku Mashco-Piro yang selama ini mengisolasi diri di hutan Amazon di dekat perbatasan Brazil. Serbuan mereka ke Desa Monte Salvado, di Peru, membuat warga desa melakukan evakuasi massal.

Menurut IB Times, Rabu (24/12/2014), ada 39 warga desa yang dievakuasi dari rumah mereka, setelah suku asli di Peru itu menyerbu desa dengan bersenjata panah.

Menurut pihak berwenang, tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Puluhan warga desa tersebut telah dipindahkan ke wilayah di kota yang lebih besar.

Serbuan suku terpencil di Amazon itu bukan yang pertama kali. Setidaknya sudah tiga kali anggota suku Mashco-Piro menyerbut Desa Monte Salvado untuk mencari makanan sepanjang tahun ini.

Ratusan anggota suku Mashco-Piro telah dibantai oleh tentara Peru yang dipimpin Carlos Fitzcarrald pada tahun 1894. Mereka yang selamat kemudian mundur ke daerah-daerah terpencil di hutan Amazon dan sejak itu menghindari kontak dengan dunia luar.

Menurut Survival International, sebuah LSM yang berbasis di London yang membela hak-hak suku di seluruh dunia, suku Mashco-Piro adalah salah satu dari 15 suku terasing di hutan Amazon di Peru yang kelangsungan hidup mereka terancam akibat pembalakan hutan secara liar.

Pada bulan Juli 2014 lalu, Survival International mengkritik anggota komunitas Ashaninka yang mendekati anggota suku Rio Xinane di Brazsil. Para anggota suku itu kemudian melarikan diri ke hutan terpencil di Peru karena pembalakan liar.

Belum lama ini, salah satu kelompok suku terasing di Amazon juga menampakkan diri karena kesulitan mencari makan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4136 seconds (0.1#10.140)