Kapal Perang AS Sambangi Indonesia

Senin, 22 Desember 2014 - 18:16 WIB
Kapal Perang AS Sambangi Indonesia
Kapal Perang AS Sambangi Indonesia
A A A
JAKARTA - Kapal perang pesisir milik Amerika Serikat (AS) USS Fort Worth (LCS3) dikabarkan merapat di pelabuhan Tanjung Priok, Senin (22/12/2014) pagi. Kapal ini datang ke Indonesia dalam rangka menjalankan rotasi penempatan selama 16 bulan guna mendukung kebijakan penyeimbangan kembali posisi AS di Indo-Asia-Pasifik.

Menurut rilis yang diterima Sindonews dari Kedutaan Besar AS, kunjungan tersebut merupakan yang pertama di Asia Tenggara, sekaligus kunjungan kapal jenis kapal perang pesisir (LCS) pertama di Indonesia.

“Kedatangan Fort Worth di Jakarta adalah program pertama dari sejumlah program kerjasama Angkatan Laut AS dengan Angkatan Laut negara-negara lainnya di kawasan, dalam masa tugasnya bersama Armada ke- 7 selama 15 bulan ke depan,” ucap Panglima Task Force Armada ke-7 AS, Laksamana Muda Charlie Williams.

“Kunjungan ini juga merupakan cerminan kemitraan kami yang sangat kuat dan terus berkembang dengan TNI AL,” lanjutnya dalam rilis tersebut.

Selama penugasannya, Fort Worth dilengkapi dengan “paket” peralatan perang permukaan, seperti meriam kaliber 57mm dan peluncur rudal dan dua meriam kaliber 30mm, dua kapal karet 11-meter berburitan keras, serta dua tim keamanan masing-masing enam orang.

Sejak bertolak dari San Diego pada 17 November, Fort Worth telah melintasi Samudera Pasifik dan berkunjung ke Hawaii serta Guam. Setelah melakukan kunjungan di Jakarta, Fort Worth akan berlayar menuju Singapura, yang merupakan pusat perawatan dan logistik utama LCS yang secara bergilir ditugaskan di Armada ke-7.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4902 seconds (0.1#10.140)