Aksi Penyerangan Kafe, Tamparan Bagi Australia

Kamis, 18 Desember 2014 - 18:14 WIB
Aksi Penyerangan Kafe, Tamparan Bagi Australia
Aksi Penyerangan Kafe, Tamparan Bagi Australia
A A A
CANBERA - Aksi penyerangan dan penyanderaan yang terjadi di sebuah kafe di Sydney, Australia dinilai sebuah tamparan keras bagi negara tersebut. Perdana Menteri Australia Tony Abbott menyebut aksi itu sebagai cara yang kejam untuk menyadarkan warga Australia.

“Serangan itu benar-benar menjadi sebuah cara yang tragis dan kejam untuk membangunkan warga Australia bahwa bahaya semacam ini memang ada dan dekat,” ucap Abbott dalam sebuah pernyataan.

Dirinya menyatakan, kejadian tersebut harusnya bisa dicegah bila warga dan otoritas terkait di Australia bisa lebih peka. Abbott memang terus mempertanyakan mengapa orang dengan catatan kejahatan panjang seperti Hosan Monis, pelaku penyerangan itu bisa bebas berkeliaran tanpa adanya pengawasan.

“Yang menyedihkan adalah hal semacam ini terjadi, kejadian yang seharusnya bisa dicegah. Oleh karena itu saya telah memerintahkan penyelidikan menyeluruh dan cepat terkait hal ini,” Abbott menambahkan.

Serangan yang dilanjutkan dengan penyaderaan yang dlakukan Monis, seorang warga negara Iran yang mendapat suaka di Australia, menewaskan dua orang. Aksi yang dilakukan Monis sendiri berakhir saat polisi anti-teror Australia berhasil melumpuhkannya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3759 seconds (0.1#10.140)