Ferguson Memanas, Mobil dan Gedung Dibakar

Selasa, 25 November 2014 - 13:40 WIB
Ferguson Memanas, Mobil dan Gedung Dibakar
Ferguson Memanas, Mobil dan Gedung Dibakar
A A A
FERGUSON - Situasi di Ferguson, Amerika Serikat (AS) memanas, di mana massa membakar dua mobil dan gedung.

Amukan massa dipicu kasus rasial. Yakni, membela remaja kulit hitam, David Brown, 18, yang ditembak mati polisi kulit Putih, Darren Wilson.

Massa marah setelah jaksa pengadilan tidak mendakwa Wilson.Dua mobil yang dibakar massa pendukung Brown, salah satunya mobil polisi. (Baca: Polisi Kulit Putih tak Didakwa, Ferguson Rusuh)

Menurut jaksa penuntut, Bob McCulloch, tidak ada dakwaan yang diajukan terhadap Wilson tanpa ada penyebabnya. Sedangkan pengacara Wilson mengklaim, kliennya mengikuti prosedur hukum saat ia menembak mati Brown.

Keputusan jaksa itu yang tidak mendakwa polisi kulit putih itu membuat keluarga Brown kecewa. “Kami amat kecewa bahwa pembunuh anak kita tidak akan menghadapi konsekuensi dari tindakannya. Meskipun kami memahami bahwa banyak orang lain berbagi rasa sakit dengan kita, kami meminta Anda menyalurkan frustrasi Anda dengan cara yang positif,” bunyi pernyataan keluarga Brown.

”Kita perlu bekerja bersama-sama untuk memperbaiki sistem yang memungkinkan hal ini terjadi,” lanjut pernyataan keluarga Brown, seperti dikutip Reuters, Selasa (25/11/2014).

Polisi selama ini mengklaim Brown membawa senjata. Namun, sejumlah saksi mengatakan, remaja kulit hitam itu ditembak dari belakang oleh Wilson selama enam hingga tujuh kali.

Kasus Ferguson ini juga membuat AS menjadi olok-olokan negara lain, terutama Iran dan Korea Utara. AS bahkan dijuluki sebagai kuburan HAM, karena menyuarakan pelanggaran HAM di berbagai negara, tapi di dalam negeri terjadi pelanggaran HAM, di mana remaja kulit hitam dibunuh polisi kulit putih.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)