China Bangun Pangkalan Mencurigakan di Laut China Selatan

Sabtu, 22 November 2014 - 10:12 WIB
China Bangun Pangkalan Mencurigakan di Laut China Selatan
China Bangun Pangkalan Mencurigakan di Laut China Selatan
A A A
JAKARTA - Sebuah gambar citra satelit menunjukkan bahwa China membangun pangkalan mencurigakan di Kepulauan Spratly di Laut China Selatan.

Kepuluan itu hingga kini jadi sengketa antara China dan negara-negara ASEAN.Gambar citra satelit itu dipublikasikan HIS Jane— konsultan pertahanan yang berbasis di Inggris—pada hari Jumat kemarin.

Setidaknya lima negara bersengketa dengan China terkait klaim kepulauan di Laut China Selatan itu. Kelima negara tersebut adalah Taiwan, Malaysia, Filipina, Vietnam dan Brunei.

Proyek mencurigakan China itu akan semakin menambah ketegangan dalam krisis Laut China Selatan. Menurut laporan IHS Jane, bangunan mirip pangkalan itu berukuran panjang 1,9 mil dan lebar antara 200-300 meter. ”Cukup besar untuk membangun landasan pacu,” bunyi laporan itu, seperti dikutip Reuters, Sabtu (22/11/2014).

Masih menurut HIS Jane, proyek reklamasi mencurigakan oleh China di Kepulauan Spratly telah berjalan belasan bulan. Sebuah gambar satelit yang diambil pada 8 Agusutus dan 14 November 2014 menunjukkan adanya pembangunan landasan yang memanjang.

Dikhawatirkan, proyek mencurigakan yang dilakukan China di kepulauan sengketa itu ditujukan untuk membangun pangkalan militer. Selama ini, Amerika Serikat telah menyerukan agar China menghentikan aktivitas di kepulauan sengketa.

Namun, Beijing telah menolak seruan Washington dengan alasan China berhak untuk membangun apa pun di wilayah Laut China Selatan sesuai keinginan mereka.

Media Hong Kong telah melaporkan bahwa China berencana untuk membangun sebuah pangkalan udara di kepulauan itu. Namun, pada bulan Agustus 2014 lalu, Kementerian Luar Negeri China tidak mengetahui rencana seperti yang dilaporkan media Hong Kong tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3190 seconds (0.1#10.140)