Pesawat Luar Angkasa Virgin Galatic Jatuh, Pilot Tewas

Sabtu, 01 November 2014 - 08:23 WIB
Pesawat Luar Angkasa Virgin Galatic Jatuh, Pilot Tewas
Pesawat Luar Angkasa Virgin Galatic Jatuh, Pilot Tewas
A A A
CALIFORNIA - Pesawat perintis luar angkasa Virgin Galatic jatuh di gurun Mojave, California, Jumat waktu Amerika Serikat. Pilot pesawat itu tewas.

Pesawat yang sejatnya sedang melakukan uji coba itu, hancur berkeping-keping di gurun pasir Mojave. Pesawat itu jatuh beberapa jam setelah lepas landas dari kawasan di dekat Los Angeles.

”Pesawat luar angkasa mengalami insiden keras, dan hari ini adalah hari yang berat,” kata George Whitesides, CEO Virgin Galactic kepada wartawan, beberapa jam setelah kecelakaan.

”Ketika kita mengalami sebuah kecelakaan saat melakukan uji coba, kita adalah manusia, dan itu menyakitkan,” imbuh Stuart Witt, Kepala Mojave Air and Space Port.

Insiden ini merupakan bencana kedua yang melibatkan pesawat ruang angkasa Amerika Serikat minggu ini. Sebelumnya, roket tanpa awak pembawa barang-barang ke Stasiun Luar Angksa Internasional (ISS) meledak setelah diluncurkan Selasa lalu.

Insiden itu juga merupakan pukulan besar bagi taipan Inggris, Richard Branson, yang mendambakan adanya penerbangan luar angksa berpenumpang pertama.

Bos Virgin menegaskan bahwa seorang pilot tewas dan satu orang lagi terluka parah dan dibawa ke rumah sakit. ”Pikiran semua tertuju pada Virgin Galactic. Saya akan terbang ke Mojave segera bersama tim,” tulis dia di Twitter, seperti dikutip AP, Sabtu (1/11/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5591 seconds (0.1#10.140)