Hendak ke Luar Angkasa, Roket Amerika Meledak

Rabu, 29 Oktober 2014 - 09:02 WIB
Hendak ke Luar Angkasa, Roket Amerika Meledak
Hendak ke Luar Angkasa, Roket Amerika Meledak
A A A
VIRGINIA - Sebuah roket tak berawak Antares milik Amerika Serikat (AS) meledak di Virginia. Roket itu meledak saat lepas landas menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Insiden yang terjadi Selasa waktu AS atau Rabu (29/10/2014) WIB itu menandadi kecelakaan pertama sejak NASA menggunakan jasa operator swasta untuk memasok barang ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Roket itu dibangun dan diluncurkan oleh Orbital Sciences Corp. Roket meluncur di Fasilitas Penerbangan Wallops dengan membawa kapal kargo Cygnus untuk di bawa ke luar angkasa.

Namun, saat lepas landas roket itu meledak dan mengeluarkan bola api. Sesaat kemudian jatuh ke tanah. Juru bicara NASA, Dan Huot, mengatakan, tidak ada yang terluka dalam insiden itu.

NASA mengklaim meledaknya roket Antares yang berimbas pada lenyapnya kapal kargonCygnus tidak akan membuat pasokan barang ke luar angkasa mengalami kekurangan.

”Tidak ada kargo yang benar-benar penting dari kapal Cygnus,” kata Administrator NASA, William Gerstenmaier.

Sementara itu, Gedung Putih mengatakan Presiden Barack Obama telah diberi penjelasan soal insiden meledaknya roket yang hendak menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3493 seconds (0.1#10.140)