Hamas: Pembicaraan dengan Israel Dimulai Pekan Depan

Selasa, 21 Oktober 2014 - 15:43 WIB
Hamas: Pembicaraan dengan Israel Dimulai Pekan Depan
Hamas: Pembicaraan dengan Israel Dimulai Pekan Depan
A A A
GAZA - Desakan Mesir kepada Israel dan Palestina untuk segera kembali memulai lanjutan pembicaraan damai mendapat respon positif dari sisi Palestina. Seorang pejabat Hamas menyatakan, pekan depan pihaknya akan bertolak ke Kairo untuk melakukan pembicaaan tersebut.

"Hamas dan faksi-faksi Palestina lainnya akan mengambil bagian dalam sesi negosiasi tidak langsung dengan (Israel) pada tanggal 27 mendatang atas undangan Mesir," kata wakil pemimpin Hamas Mousa Abu Marzouq, seperti dilansir Maan News, Selasa (21/10/2014).

Sama seperti sebelumnya, Abu Marzouq menyatakan, pihak Palestina akan terus mengajukan pembukaan bandara dan juga pelabuhan di Gaza, sebagai bagian dari pencabutan blokade oleh Israel di wilayah tersebut yang sudah berlangsung selama satu dekade terakhir.

“Pembicaraan juga akan fokus pada pertukaran tahanan, upaya rekonstruksi Gaza, dan banyak isu lainnya yang hingga saat ini belum selesai,” Abu Marzouq menambahkan. Isu mengenai pemukiman Yahudi pun kemungkinan akan menjadi agenda pembahasan.

Menurutnya, setiap langkah yang diambil Israel, bila itu berhubungan dengan pengurangan blokade di Gaza, akan disambut baik oleh pihak Palestina. Sementara itu, pihak Israel belum memberikan komentar terkait undangan yang diajukan oleh Mesir tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4376 seconds (0.1#10.140)