Terungkap, Firaun Pincang dan Bergigi Tongkos

Senin, 20 Oktober 2014 - 14:18 WIB
Terungkap, Firaun Pincang dan Bergigi Tongkos
Terungkap, Firaun Pincang dan Bergigi Tongkos
A A A
KAIRO - Peneliti mengungkap kondisi fisik Raja Tutankhamun, ikon Mesir Kuno yang biasa dijuluki sebagai Firaun. Peneliti menyebut Firaun memiliki gigi tongkos,berpinggul besar dan berjalan pincang.

Hasil penelitian itu didokumentasikan BBC dalam sebuah film dokumenter yang akan diputar pekan depan. Kondisi fisik Firaun yang dianggap “cacat” itu tertutupi kemegahan emas yang menjadi aksesorinya.

“Auotopsi virtual menunjukkan jari-jari kaki (Firaun) yang berbeda. Dia pasti sangat pincang,”kata ahli radiologi Mesir, Ashraf Selim, seperti dikutip Al Arabiya, Senin (20/10/2014).

Untuk menutupi kekurangan fisiknya itu, menurut peneliti Firaun semasa hidupnya berjalan dengan menggunakan tongkat.

Bocoran auotopsi virtual itu berdasarkan lebih dari 2.000 scan computer yang bersumber dari analisis genetik dari keluarga anak raja. Dari analisis itu juga terungkap bahwa orangtua Firaun adalah saudara kandung atau kawin sedarah.

Selama ini muncul mitos bahwa Firaun yang menjadi raja muda dibunuh setelah kecelakaan kereta. Namun, dugaan kuat yang muncul adalah dia meninggal karena penyakit warisan dari orangtuanya yang melakukan perkawinan sedarah atau incest.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3526 seconds (0.1#10.140)