Langka, Pejabat Korut Sambangi Korsel

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 17:20 WIB
Langka, Pejabat Korut Sambangi Korsel
Langka, Pejabat Korut Sambangi Korsel
A A A
INCHEON - Di tengah-tengah desas-desus mengenai kondisi dan keberadaan pemimpin Korea Utara (Korut), beberapa pejabat negara tersebut membuat sebuah langkah yang tidak biasa. Beberapa pejabat Korut dikabarkan menyambangi tetangga mereka, Korea Selatan (Korsel). Sebuah hal yang sangat langka terjadi diantara kedua negara.

Melansir CNN, Sabtu (4/10/2014), Kepala militer Korut dan dua petinggi Partai Pekerja Korut, partai penguasa negara tersebut membuat kunjungan singkat ke Korsel. “Mereka menyatakan akan datang ke Korsel untuk menghadiri upacara penutupan Asian Games,” ungkap pihak Korsel.

Hwang Pyong-so, Wakil Marsekal dari Tentara Rakyat Korea, Kim Yang-gon dan Choe Ryong-hae akhirnya diberikan izin oleh pemerintah Korsel untuk menghadiri perhelatan tersebut. Media setempat melaporkan, kemunculan mereka bahkan disambut oleh beberapa pejabat setempat.

Kim merupakan salah satu politisi yang memang memiliki tugas untuk melakukan segala macam kontak dengan pihak Korsel, terutama dalam hal proses reunifikasi kedua negara. Sedang Choe adalah mantan kepala militer Korut yang lengser pada Mei lalu.

Ketiga pejabat tersebut direncakan akan kembali ke Pyongyang nanti malam, setelah melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat Korsel dan Menteri Reunifikasi Korea, Ryoo Kihl-Jae.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5000 seconds (0.1#10.140)