Tegang, Pesawat Rusia Terbang di Atas Kapal Perang Kanada

Selasa, 09 September 2014 - 13:33 WIB
Tegang, Pesawat Rusia Terbang di Atas Kapal Perang Kanada
Tegang, Pesawat Rusia Terbang di Atas Kapal Perang Kanada
A A A
OTTAWA - Rusia dan Kanada terlibat ketegangan setelah pesawat angkataan udara Rusia terbang di atas kapal perang Kanada di Laut Hitam. Kanada memprotes aksi provokatif militer angkatan udara Rusia itu.

Insiden itu sejatinya terjadi Minggu, 7 September 2014 lalu. Namun, protes Kanada melalui Departemen Pertahanan muncul hari ini (9/9/2014).

Pesawat Rusia terbang di atas kapal perang HMCS Toronto. Tapi, menurut Menteri Pertahanan Kanada, Robert Nicholson, insiden itu belum membahayakan.

Nicholson, dalam sebuah pernyataan menyebut tindakan Rusia sebagai aksi provokatif dan bisa menyebabkan eskalasi ketagangan.

“Bersama dengan sekutu, Departemen Pertahanan Kanada mendesak Rusia untuk menghentikan tindakan seperti itu,” tulis kantor beritaItar-Tass, mengutip pernyataan Nicholson.

Kementerian Pertahanan Kanada tidak menyebutkan jenis pesawat terbang Rusia yang bermanuver di atas kapal perang HMCS Toronto. Menurut Nicholson, kapal perang Kanada berpartisipasi dalam latihan bersama negara-negara NATO dan Ukraina. (Baca: Ukraina Memanas, 4 Kapal Perang NATO Menuju Laut Hitam)

Dua kapal perang NATO, yakni kapal perusak AS, Ross, dan kapal perang Prancis Commandant Birot sudah tiba lebih dulu di Laut Hitam sejak 3 September 2014.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4301 seconds (0.1#10.140)