Kanada Siap Gelontorkan Bantuan Militer Tambahan untuk Ukraina

Senin, 09 Mei 2022 - 23:45 WIB
loading...
Kanada Siap Gelontorkan Bantuan Militer Tambahan untuk Ukraina
Kanada Siap Gelontorkan Bantuan Militer Tambahan untuk Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengumumkan suplai senjata dan peralatan baru untuk Ukraina pada Minggu (8/5/2022). Kepastian itu didapat setelah kunjungan mendadak ke ibukota Ukraina, Kiev.

Trudeau, dalam konferensi pers setelah pembicaraan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, juga mengatakan, Kanada memberlakukan sanksi baru terhadap individu dan entitas Rusia sehubungan dengan invasi Moskow ke Ukraina.



"Hari ini, saya mengumumkan lebih banyak bantuan militer, kamera drone, citra satelit, senjata ringan, amunisi, dan dukungan lainnya, termasuk pendanaan untuk operasi ranjau ranjau," kata Trudeau, seperti dikutip dari Reuters.

"Dan, kami mengajukan sanksi baru terhadap 40 individu Rusia dan lima entitas, oligarki dan rekan dekat rezim di sektor pertahanan, semuanya terlibat dalam perang Putin," lanjutnya, mengacu pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam kesempatan itu, Trudeau juga menyatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin bertanggung jawab atas "kejahatan perang". “Jelas bahwa Vladimir Putin bertanggung jawab atas kejahatan perang yang keji,” kata Trudeau.



"Saya pikir apa yang dikatakan Putin tidak terlalu penting lagi," kata Trudeau dalam wawancara eksklusif dengan Reuters. "Dia telah menunjukkan bahwa dia tidak memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang sedang terjadi.

“Dia sangat salah perhitungan dengan tidak memahami sejauh mana orang Ukraina akan bertarung seperti pahlawan mereka untuk mempertahankan bahasa mereka, identitas mereka, wilayah mereka. Dia juga tidak memahami tekad yang dengannya negara-negara Barat akan bersatu untuk membela demokrasi kita. dan memberi Ukraina alat yang dibutuhkan untuk memenangkan perang melawan Putin ini," tambahnya.



Trudeau mengunjungi kota Irpin di luar Kiev, titik fokus pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia sebelum Rusia mundur pada akhir Maret. Dia juga mengatakan, Kanada membuka kembali kedutaannya di ibu kota Ukraina.

Kanada juga menyediakan USD25 juta untuk Program Pangan Dunia PBB sebagai bagian dari upaya untuk menegakkan keamanan pangan dan akan menghapus tarif perdagangan untuk semua impor Ukraina ke Kanada untuk tahun depan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)