Jepang Berharap Gencatan Senjata di Ukraina Bisa Abadi

Senin, 08 September 2014 - 16:44 WIB
Jepang Berharap Gencatan Senjata di Ukraina Bisa Abadi
Jepang Berharap Gencatan Senjata di Ukraina Bisa Abadi
A A A
TOKYO - Tercapainya perjanjian gencatan senjata di Ukraina timur beberapa waktu lalu mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Salah satu pihak yang turut mengapresiasinya adalah negara raksasa Asia, Jepang.

Melansir Itar-tas, Senin (8/9/2014), Negeri Matahari Terbit itu menaruh harapan besar bahwa gencatan senjata ini bisa berlangsung selamanya. Banyak pihak menganggap proses gencatan senjata di Ukraina timur merupakan titik awal perdamaian sebenarnya di wilayah itu.

“Pemerintah Jepang sangat berharap gencatan senjata di Ukraina yang ditandatangani di Minsk, dapat berjalan untuk jangka waktu yang panjang,” ucap Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, dalam sebuah pernyataan.

Sama seperi pemerintah di Donestk dan Lugansk, Jepang juga mengharapkan adanya tim pemantau independen untuk mengawasi jalannya proses gencatan senjata. “Gencatan senjata ini perlu pemantauan lebih lanjut,” kata Suga.

Di kesempatan yang sama, Suga juga menyatakan, saat ini pihaknya sedang mempertimbangkan sanksi lanjutan kepada Rusia terkait krisis di Ukraina. Dirinya menyatakan, Jepang sedang berkoordinasi dengan Uni Eropa (UE) untuk menentukan jenis sanksi yang akan dijatuhkan
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3019 seconds (0.1#10.140)