Al-Qaeda Tantang ISIS Serang Amerika

Jum'at, 15 Agustus 2014 - 15:10 WIB
Al-Qaeda Tantang ISIS Serang Amerika
Al-Qaeda Tantang ISIS Serang Amerika
A A A
SANAA - Al-Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) yang berbasis di Yaman, menantang kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerang Amerika Serikat (AS). Tantangan itu muncul setelah militer AS dengan jet tempurnya menyerang ISIS di Irak utara.

Dalam sebuah pernyataan yang di Twitter, perwakilan AQAP, Ansar al-Shariah, memuji aksi kelompok pimpinan Abu Bakar al-Baghdadi itu di Irak.

”Kami menyerukan kepada semua kelompok-kelompok militan Islam untuk menyeran Amerika sebagai bagian dari rencana jihad, melalui militer, ekonomi, atau media,” tulis dia yang ditujukan kepada ISIS.

”Dan kami mengajak setiap Muslim, terutama siapa saja yang bisa masuk Amerika, mengajak saudara-saudaranya pergi berperang melawan Amerika dengan segala sesuatu yang dia bisa,” lanjut dia, seperti dikutip Reuters, Jumat (15/8/2014).

Namun, keaslian akun Twitter kelompok al-Qaeda Yaman itu belum bisa diverifikasi keasliannya. AQAP telah diakui al-Qaeda pimpinan Ayman al-Zawahri. Kelompok itu dikenal paling radikal di Semenajung Arab.

Selain Amerika Serikat, AQAP juga memusuhi Iran, karena masalah sektarian. Yakni, AQAP cenderung membela kaum Sunni, dan menentang Iran yang pemerintah dan mayoritas penduduknya adalah kaum Syiah.

Dalam pernyataannya, AQAP menyarankan para ISIS untuk waspada terhadap mata-mata. ISIS juga disarankan untuk hati-hati ketika menggunakan telepon dan jarngan internet karena rawan dipantau AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3626 seconds (0.1#10.140)