Renggut Dua Nyawa, Topan Ganas Kacaukan Wilayah Jepang

Rabu, 09 Juli 2014 - 09:53 WIB
Renggut Dua Nyawa, Topan Ganas Kacaukan Wilayah Jepang
Renggut Dua Nyawa, Topan Ganas Kacaukan Wilayah Jepang
A A A
TOKYO - Topan Neoguri yang terkenal ganas telah mengacaukan wilayah Okinawa, Jepang. Topan ganas yang telah menerjang sejak kemarin hingga hari ini (9/7/2014) telah menewaskan dua orang dan memicu banjir besar.

Kekuatan embusan topan Neoguri hari ini tercatat 100 km per jam. Badan Peramala Cuaca Jepang memperingatkan, bahwa topan itu berpotensi mengacaukan wilayah Kyushu barat, setelah melemah di Okinawa.

Pihak berwenang juga memperingatkan curah hujan di Okinawa memicu sejumlah sungai meluap. Lebih dari 200 ribu warga telah diperintahkan mengungsi. Jumlah itu turun dari sebelumnya sekitar 500 ribu warga, pada Selasa lalu.

”Mengingat situasi seperti ini, masih ada potensi untuk beberapa kerusakan serius,” kata seorang pejabat dari Badan Meteorologi Jepang (JMA), seperti dikutip Reuters.

Sekitar 30 orang dilaporkan terluka, namun tidak ada yang cedera serius. Sebuah stasiun televisi Jepang menayangkan sejumlah bangunan dan jalan-jalan di Okinawa hancur. ”Topan ini membawa awan hujan yang sangat aktif dan topan ini akan terus bergerak ,” lanjut pejabat JMA itu.

Tidak hanya banjir dan bangunan roboh, sejumlah wilayah di Kyushu juga dilaporkan dilanda tanah longsor."Ada bahaya yang tinggi, tanah longsor dan banjir, meskipun kekuatan topan mulai berkurang,” lanjut pejabat itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3834 seconds (0.1#10.140)