Pemberontak Komunis Filipina Tewaskan Seorang Wali Kota

Kamis, 03 Juli 2014 - 20:42 WIB
Pemberontak Komunis Filipina Tewaskan Seorang Wali Kota
Pemberontak Komunis Filipina Tewaskan Seorang Wali Kota
A A A
MANILA - Kelompok pemberontak komunis Filipina, yang juga salah satu kelompok pemberontak tertua di Filipina, dikabarkan telah membunuh seorang wakilota di negara itu. Pembunuhan ini terjadi saat mereka melakukan penyerangan di wilayah Mindanao.

“Gerilyawan dari Tentara Rakyat Baru (NPA) menembaki konvoi pemerintah di pulau Mindanao. Dalam serangan tersebut, Wakilota Mario Okinlay tertembak. Ia tewas saat dalam perjalanan ke rumah sakit,” ungkap pihak militer setempat, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (3/7/2104).

"NPA melihat pendekatan good governance Walikota Okinlay sebagai hambatan bagi tujuan egois mereka. Oleh karena itu, mereka melakukan serangan terhadap konvoi wakilota," ungkap pihak militer Filipina, Letnan Kolonel Romualdo Landingin.

Okinlay merupakan seorang walikota di wilayah Impasug-ong, sebuah kota di wilayah pegunungan, yang terletak sekitar 800 kilometer dari bukota Manila. Kota ini sendiri memiliki populasi sekitar 45 ribu jiwa.

NPA adalah sayap bersenjata dari Partai Komunis Filipina, yang telah melakukan pemberontakan di wilayah Maois sejak tahun 1969. Puluhan ribu orang telah menjadi korban akibat pemberontakan kelompok tersebut.

Presiden Filipina, Beniqno Aquino sudah mencoba untuk berdamai dengan NPA. Namun, hingga saat ini usahanya belum membuahkan hasil. Aquino sendiri berharap sebelum di lengser tahun depan, kesepakatan damai dengan NPA sudah tercapai.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8080 seconds (0.1#10.140)