Tak Bisa Dituntut, Media Ibarat Raja di Vietnam

Selasa, 03 Juni 2014 - 17:15 WIB
Tak Bisa Dituntut, Media Ibarat Raja di Vietnam
Tak Bisa Dituntut, Media Ibarat Raja di Vietnam
A A A
JAKARTA - Media diibaratkan raja di Vietnam. Sebab, setiap pemberitaan oleh media di negara itu tidak bisa dituntut, bahkan media diberi hak khusus oleh negara untuk menolak revisi atau klarifikasi jika pemberitaan yang dihasilkan salah.

Kondisi perkembangan media di Vietnam itu disampaikan Bao Nguyen Quoc, Chief Eksekutif Officer of Public Relation Organisation Vietnam, ketika ditemui Sindonews, Selasa (3/6/2014) dalam acara Komunitas ASEAN di Jakarta.

”Media di negara saya itu layaknya raja, tidak ada yang berani untuk menuntut mereka, karena mereka punya keistimewaan tersendiri. Mereka tidak memiliki tanggung jawab untuk mengklarifikasi berita yang salah,” ucap Nguyen Quoc.

”Di negara saya, media seperti memiliki hak untuk menulis sesuatu berdasarkan kepentingan pribadi mereka atau pesanan dari pemerintah. Tidak ada yang bisa dilakukan ketika media sudah memberitakan tentang kita,” imbuh Nguyen Quoc.

Dia memberikan sedikit saran kepada pihak yang ingin berkecimpung di dunia usaha di Vietnam. Menurutnya, jika ingin sukses berbisnis di negaranya, maka mendekatlah ke media yang paling berpengaruh di Vietnam. Langkah itu menjadi jaminan, bisnis di sana akan sukses.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4539 seconds (0.1#10.140)