PM Vietnam: Tindakan China Ancam Perdamaian di Laut Timur

Rabu, 21 Mei 2014 - 20:31 WIB
PM Vietnam: Tindakan China Ancam Perdamaian di Laut Timur
PM Vietnam: Tindakan China Ancam Perdamaian di Laut Timur
A A A
Manila - Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung pada Rabu (21/5/2014) mengatakan, tindakan China yang menempatkan kilang minya mereka perairan sengketa bisa merusak upaya damai diantara kedua negara.

Seperti dilansir Channel News Asia, hal tersebut diutarakan Tan Dung paska menemui Presiden Filipina, Benigno Aquino di Manila. Tan Dung meminta kepada dunia internasional untuk mengutuk apa yang telah dilakukan China, dengan menyebar kilang minyak mereka di perairan sengketa.

"Sehubungan dengan situasi di Laut Timur, presiden (Aquino) dan saya berbagi keprihatinan mendalam atas situasi yang berbahaya ini. Situasi yang saat ini disebabkan oleh tindakan China yang melanggar hukum internasional," ungkap Tan Dung.

"Secara khusus, penempatan kilang minyak Haiyang 981 dan penyebaran kapal untuk untuk melindungi kilang itu, telah serius mengancam perdamaian, stabilitas, keamanan maritim dan keselamatan dan kebebasan navigasi di Laut Timur," Tan Dung menambahkan.

Laut Timur adalah istilah yang dipakai Vietnam yang mengacu pada Laut China Selatan, yang diyakini mengandung deposit besar minyak dan gas dunia. China sendiri mengklaim hampir seluruh wilayah tersebut sebagai milik mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4403 seconds (0.1#10.140)