China Peringatkan Negara-negara Asia agar Tak Macam-macam

Rabu, 21 Mei 2014 - 14:57 WIB
China Peringatkan Negara-negara Asia agar Tak Macam-macam
China Peringatkan Negara-negara Asia agar Tak Macam-macam
A A A
SHANGHAI - Presiden China, Xi Jinping, pada Rabu (21/5/2014) memperingatkan negara-negara di Asia untuk tidak macam-macam dengan sekutu militernya untuk melawan China.

Dia mengancam jika negara-negara Asia yang berseteru dengan China hendak menggunakan kekuatan militer, maka keamanan regional akan terganggu.

China telah bersitegang dengan beberapa negara di Asia. Di antaranya berseteru dengan Jepang atas sengketa Laut China Timur, serta berseteru dengan Vietnam dan Filipina atas sengketa Laut China Selatan.

Perseteruan China dengan Vietnam telah memicu demonstrasi anti-China di Vietnam. Di mana, korban jiwa mencapai sekitar 21 jiwa, yang sebagian besar merupakan warga etnis China.

Meski memberikan peringatan, Presiden Jinping berjanji untuk menyelesaikan sengketa wilayah dengan negara-negara Asia secara damai.”Sekutu militer yang melibatkan pihak ketiga, tidak akan membuat kondisi keamanan kondusif,” katanya dalam sebuah pidato, seperti dikutip Reuters.

Meski tidak menyebut Amerika Serikat, sekutu militer negara-negara Asia yang berseteru dengan China secara tidak langsung mengarah kepada Washington. Seperti diketahui, Jepang dan Filipina merupakan sekutu AS. Presiden Barack Obama, saat lawatan ke Asia bulan lalu, juga meyakinkan Jepang dan Filipina, bahwa pengaruh China merupakan hal yang nyata di Asia.

Jinping berusaha meredam kekhawatiran negara-negara Asia soal perseteruan dengan China. ”China tetap berkomitmen untuk mencari penyelesaian sengketa secara damai dengan negara-negara lain atas kedaulatan teritorial, hak-hak dan kepentingan maritim,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)