Delapan Orang Ditangkap atas Tragedi Tambang di Turki

Selasa, 20 Mei 2014 - 16:32 WIB
Delapan Orang Ditangkap atas Tragedi Tambang di Turki
Delapan Orang Ditangkap atas Tragedi Tambang di Turki
A A A
SOMA - Delapan orang yang jadi tersangka dalam tragedi ledakan tambang batu bara di Soma, Manisa, Turki, telah ditangkap semalam. Delapan orang itu, termasuk chief executive officer (CEO) tambang yang dianggap bertanggung jawab atas ledakan yang menewaskan 301 orang.

“Tuduhan sementara, karena menyebabkan banyak kematian dalam bencana tambang,” bunyi pernyataan pihak pengadilan setempat, Selasa (20/5/2014).

Ramazan Dogru, general manager dari Soma Coal Mining Company, dan CEO Can Gurkan, putra pemilik perusahaan Alp Gurkan, bersama enam orang lainnya kini ditahan. Kedua orang itu, seperti dikutip Reuters, ditangkap setelah enam orang ditangkap lebih dulu.

Jaksa pengadilan setempat, Bekir Sahiner, mengatakan, penyebab ledakan diduga akibat percikan api di lokasi tambang. Bencana tersebut tercatat sebagai insiden tambang paling mematikan dalam sejarah kecelakaan tambang di Turki.

Jumlah korban dalam tragedi tambang di Soma, telah melampui jumlah korban tewas dalam ledakan tambang di Zonguldak tahun 1992 ang telah menewaskan 263 penambang. Bencana di Soma telah memicu protes nasional, terlebih Perdana Menteri Tayyip Erdogan dianggap meremehkan bencana itu, dengan menganggapnya sebagai kejadian yang sudah umum.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3189 seconds (0.1#10.140)