Amerika

Pulang ke AS, Obama lobi Kongres untuk gempur Suriah

Sabtu,  7 September 2013  −  14:08 WIB
Pulang ke AS, Obama lobi Kongres untuk gempur Suriah
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama (Reuters)

Sindonews.com- Gagal menghasilkan kesepakatan untuk menyerang Suriah dalam forum KTT G20 di St Petersburg, Rusia, Presiden Barack Obama telah pulang ke AS. Obama selanjutnya akan melobi Kongres AS untuk mendukung niatnya guna menggempur Suriah.
 
Presiden Obama hanya memiliki waktu beberapa hari untuk meyakinkan Kongres AS, yang kembali dari reses musim panas pada Senin (9/9/2013). Obama diyakini akan habis-habisan membujuk Kongres AS untuk mendukungnya dalam menyerang rezim Suriah.
 
Obama telah membatalkan kunjungan kerjanya ke California, yang semula dijadwalkan untuk hari Senin (9/9/2013), karena dia ingin total meyakinkan Kongres agar memberikan dukungan suara untuknya.
 
Sebelum kembali ke AS , Obama mengatakan dia akan menggunakan pidato di Gedung Putih. ”Untuk membuat pilihan terbaik yang saya bisa untuk rakyat Amerika serta masyarakat internasional guna  mengambil tindakan yang diperlukan dan tepat,” kata Obama, seperti dikutip BBC, Sabtu (7/9/2013).
 
Obama mengakui menghadapi langkah berat untuk memenangkan dukungan Kongres AS. Para pejabat Gedung Putih telah memberikan penjelasan rinci tentang rencana Obama kepada Kongres.
 
Duta Besar AS untuk PBB, Samantha Power, menekankan bahwa intervensi militer AS akan menjadi bermakna. ”Sebagai respon dalam waktu yang terbatas,” ujarnya. ”Dari awal konflik Suriah, presiden telah secara konsisten menunjukkan bahwa dia tidak akan memakai sepatu bot Amerika (menempatkan pasukan AS) di lapangan untuk melawan perang lain di Timur Tengah,” lanjut dia.


(esn)

views: 1.452x
shadow