Menlu Retno Resmikan Sekolah Indonesia di Wilayah Etnis Rohingnya

Minggu, 22 Januari 2017 - 03:03 WIB
Menlu Retno Resmikan Sekolah Indonesia di Wilayah Etnis Rohingnya
Menlu Retno Resmikan Sekolah Indonesia di Wilayah Etnis Rohingnya
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi dilaporkan akan meresmikan sekolah Indonesia di Sittwe, Myanmar. Sittwe adalah salah satu kota di Rakhine State, wilayah yang ditempati oleh etnis Rohingnya.

Menurut keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Sabtu (21/1), selain meresmikan sekolah, Retno juga akan nenyerahkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat di wilayah tersebut.

"Di Sittwe, Menlu RI akan menyampaikan bantuan kemanusiaan Indonesia, berupa 10 kontainer makanan dan pakaian, yang secara langsung telah dilepas Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 Desember 2016 lalu," bunyi siaran pers Kemlu.

"Selain menyerahkan bantuan kemanusiaan, Menlu RI juga akan meresmikan 2 sekolah di Sittwe yang dibangun dari donasi masyarakat Indonesia," sambungnya.

Dalam kunjungan kerja ke Myanmar, Retno juga telah melakukan serangkaian pertemuan dengan Permanent Secretary Kementerian Luar Negeri Myanmar, Kepala Perwakilan UNHCR dan UNDP, serta Anggota Advisory Commission on Rakhine State.

Pertemuan itu secara umum membahas mengenai hasil KTT OKI di Kuala Lumpur yang digelar Kamis lalu dan mengenai perkembangan situasi kemanusiaan di Rakhine State.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu juga dilaporkan mengunjungi Indonesian International School Yangon. Di sekolah Indonesian International School Yangon, Retno disambut siswa SD, SMP dan SMA dari 34 negara. Para siswa menpersembahkan tarian Saman untuk Menlu RI. Sekolah Indonesian International School Yangon sendiri dibuka sejak tahun 1967 dan saat ini menampung 549 siswa.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5409 seconds (0.1#10.140)