Raja Saudi Bantu Korban Perang Aleppo Senilai Rp483,6 Miliar

Selasa, 27 Desember 2016 - 03:40 WIB
Raja Saudi Bantu Korban Perang Aleppo Senilai Rp483,6 Miliar
Raja Saudi Bantu Korban Perang Aleppo Senilai Rp483,6 Miliar
A A A
RIYADH - Raja Kerajaan Arab Saudi Salman bin Abdulaziz membantu warga Suriah korban perang, khususnya warga Aleppo, dengan bantuan senilai USD36 juta atau sekitar Rp483,6 miliar. Raja Salman memerintahkan bantuan ini disalurkan mulai Selasa (27/12/2016) atau hari ini.

Perintah Raja Salman ini diumumkan pihak Kerajaann Arab Saudi dalam sebuah pernyataan yang dirilis kantor berita negara, Saudi Press Agency (SPA).

”Mengingat apa yang terjadi pada saudara-saudara kita di Suriah dan mereka yang menderita, terutama yang mengungsi dari Aleppo dan yang terdampar lainnya karena keadaan sulit serta peristiwa menyakitkan di mana mereka tinggal, Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud telah memerintahkan pelaksanaan kampanye bantuan kemanusiaan yang akan mencakup seluruh wilayah mulai besok,” bunyi pengumuman Kerajaan Saudi.

Pihak Pusat Bantuan Kemanusiaan Raja Salman akan berkoordinasi dengan LSM lain untuk membantu melancarkan penyaluran bantuan.

Raja Salman bukan sekali ini saja menyalurkan bantuan untuk rakyat Suriah yang jadi korban perang. Pada Maret 2016 lalu, pemimpin Saudi ini juga menyalurkan bantuan untuk rakyat Suriah berupa makanan dan medis.

Arab Saudi telah mendukung warga Suriah dengan menyediakan akomodasi dan memungkinkan mereka untuk tinggal di wilayah Kerajaan Saudi tanpa syarat. Mereka bahkan diperbolehkan untuk membawa keluarga dan kerabat mereka.

Sebanyak 343.150 warga Suriah telah terdaftar menikmati di pendidikan gratis di sekolah menengah atas dan pendidikan di universitas karena biayanya ditanggung Kerajaan Saudi. Selain itu, layanan kesehatan gratis juga disediakan untuk warga Suriah di semua rumah sakit milik pemerintah di Inggris.

Lebih dari 2 juta warga Suriah tercatat telah menikmati bantuan kerajaan sejak awal krisis Suriah pecah. Sejak 2011, Kerajaan Saudi menyediakan bantuan senilai USD100 juta untuk rakyat Suriah dan telah dinaikkan menjadi USD780 juta.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4622 seconds (0.1#10.140)